Mastereon - Tutorial berikut ini akan memandu kita bagaimana meng-install Ubuntu ke Flash Drive (Flashdisk) melalui Windows. Dengan di-install ke Flashdisk, Ubuntu dapat langsung di boot dan dijalankan dari Flashdisk sama seperti jika ter-install pada Harddisk. Yang perlu diingat adalah proses instalasi ini memanfaatkan file casper-rw loopback image untuk menyimpan dan me-restore perubahan pada subsequent boots secara terus menerus. Sebelum memulai proses instalasi, kita perlu menyiapkan hal-hal berikut ini:
Setelah semuanya siap, ikuti langkah berikut:
  1. Jalankan Universal USB Installer di komputer PC/Laptop
  2. Browse file Ubuntu ISO, pastikan penamaan file sesuai yang diinginkan software (mis. ubuntu-9.10-desktop-i386.iso).
  3. Pilih USB Flashdisk dan centang "We will format ...... as fat32".
  4. Pilih kapasitas Flashdisk untuk menyimpan settingan, kustomisasi dan data pada Ubuntu. Jika tidak ditentukan maka Ubuntu yang ter-install tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan settingan/kustomisasi dan data.
  5. Klik Install.

Jika semuanya berjalan lancar hingga selesai maka Flashdisk telah ter-install Ubuntu dan siap di-boot oleh komputer PC/Laptop.


Restart komputer PC/Laptop lalu tekan F2 untuk masuk ke halaman setting BIOS. Ubah settingan BIOS agar booting awal dengan USB device lalu restart kembali komputer PC/Laptop dengan Flashdisk (yang sudah terinstall Linux Ubuntu) tertancap di port USB. Ubuntu akan dapat dijalankan langsung dari Flashdisk. Yang perlu dicatat adalah Ubuntu yang ter-install tidak seperti Ubuntu Live CD, karena memiliki kemampuan untuk menyimpan settingan/kustomisasi maupun data (dengan bantuan file casper-rw loopback image) sama halnya seperti jika ter-install pada harddisk.


Selamat mencoba!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama