SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur derdiri pada Tahun 2002 berdasarkan SK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Nomor 420/574/Diknasbud tanggal 12 Juni 2002, dengan nama awal SMK Kelautan dan Perikanan membuka 2 (dua) program keahlian, yaitu Nautika Perikanan Laut dan Budidaya Perikanan. Proses belajar mengajar berlangsung sore hari karena masih saat itu masih menggunakan ruang belajar SMP Negeri 1 Muara Sabak (yang saat ini SMP Negeri 1 Tanjung Jabung Timur). Pada tahun 2006, SMK Kelautan dan Perikanan menempati unit gedung baru yang terletak di Jalan Jemantan Kelurahan Talang Babat Kecamatan Muara Sabak dengan luas lokasi 30.000 m2.

SMK Kelautan dan Perikanan berubah menjadi SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur berdasarkan KEPUTUSAN BUPATI TANJUNG JABUNG TIMUR NOMOR 42 TAHUN 2004 TENTANG PENEGERIAN SMK NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR TANGGAL 27 FEBRUARI 2004

Perkembangan pendidikan menengah kejuruan yang semakin pesat juga mengimbas ke SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur, yang saat ini telah memiliki 4 (empat) Bidang Studi Keahlian dan Kompetensi Keahlian, yaitu : 1) Bidang Studi Keahlian Pelayaran dan Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan; 2) Bidang Studi Keahlian Agribisnis Produksi Sumberdaya Perairan dan Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan; 3) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan; dan 4) Bidang Studi Keahlian Teknik Otomotif dan Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan. 

KEPUTUSAN KETUA BADAN AKREDITASI NASIONAL SEKOLAH/MADRASAH NOMOR: 053/BAN-SM/SK/2019 TENTANG KONVERSI STATUS AKREDITASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) TANGGAL 21 JANUARI 2019 memutuskan STATUS AKREDITASI SMK NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR : B berlaku sampai dengan 31-12 2021.

Selanjutnya, untuk menunjang pelaksanaan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Timur dipandang perlu menetapkan lambang sekolah. Maka melalui Keputusan Rapat Tim Penyusun Lambang Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanjung Jabung Timur pada Tanggal 09 Juli 2018 ditetapkanlah SURAT KEPUTUSAN KEPALA SMK NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR NOMOR : 584 TAHUN 2018 TENTANG LAMBANG SEKOLAH.

Tim Penyusun Lambang SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur :
1. H. Joni Efriadi, S.Pi (Penanggjung Jawab/Pengarah)
2. Syaid Reza Azhari, S.Pi (Ketua)
3. Anuar, S.Kom (Sekretaris)
4. Sugeng Slamet, S.Sos (Anggota)
5. Enita Pebriyanti, S.S (Anggota)
6. Suprapto, S.Pd (Anggota)
7. Deddy Syuryady, S.Pi (Anggota)
8. Indra Fabriyono, S.Pi (Anggota)
9. Abdul Rahman, S.Kom (Anggota)
10. Sucipto, S.Pd (Anggota)
11. Asse (Anggota)
12. Rahmi Widyati, S.E (Anggota)

Penjelasan Warna dan Lambang


1. Lingkaran  : Dinamis; SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu siap mengikuti perubahan sains dan teknologi bersiergi dengan kearifan lokal untuk mencapai prestasi tinggi.

2.  Lima Gear : 5 Sila Pancasila; pedoman SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur dalam melaksanakan sistem pendidikan dan latihan untuk segenap stakeholder untuk mencapai prestasi tinggi.


3. Bintang : Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa; penanaman nilai-nilai iman dan taqwa kepada segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur dilakukan secara terus menerus seiring sejalan dengan pengajaran sains dan teknologi untuk mencapai prestasi tinggi.

4. Gelombang : Menyebar dan Berbagi; lulusan SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur tersebar dimana-mana untuk berbagi pengalaman dengan setiap orang untuk mencapai prestasi tinggi.

5. Tower : Prestasi Tinggi; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu bercita-cita meraih prestasi setinggi-tingginya.


6. Ikan : Sumber Daya; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur akan melakukan optimalisasi sumber daya yang tersedia untuk mencapai prestasi tinggi.

7. Jangkar : Pengendalian Diri; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu mengendalikan diri dalam bersikap dan menyadari keterbatasan kemampuan diri masing-masing, karenanya dibutuhkan kerjasama untuk mencapai prestasi tinggi.


8. SMK N 1 : Nama Institusi; segenap stakeholder selalu menyadari bahwa SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur sebagai rumah yang membutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk mencapai prestasi tinggi.

9. Tanjung Jabung Timur : Daerah; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur ingin mencapai prestasi tinggi untuk mengharumkan nama Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam setiap even.

10.  Warna Biru : Profesional dan Cerdas; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu bersikap profesional dan cerdas untuk mencapai prestasi tinggi.

11. Warna Kuning : Kreatif dan Inovatif; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu kreatif dan inovatif untuk mencapai prestasi tinggi.

12.  Warna Merah : Keberanian dan Semangat; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur memiliki keberanian dan semangat untuk mencapai prestasi tinggi.

13. Warna Putih : Bebas dan Terbuka; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu bersikap bebas dan terbuka dalam arti positif untuk mencapai prestasi tinggi.

14. Warna Hitam : Kekuatan dan Percaya Diri; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu berupaya dengan segenap kekuatan dan percaya diri untuk mencapai prestasi tinggi.

15. Warna Abu-abu : Mandiri dan Tanggung Jawab; segenap stakeholder SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur selalu berupaya mandiri dan tanggung jawabuntuk mencapai prestasi tinggi.


Dapat juga dilihat dari : https://www.youtube.com/watch?v=CLzGzzRalow&t=141s

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama